Laman

Kamis, 06 Januari 2011

Rafflesia Patma Mekar di Kebun Raya Bogor

Rafflesia patma mekar di Kebun Raya Bogor. Bunga langka yang masih berkerabatdekat (satu genus) dengan Rafflesia arnoldi ini mekar untuk pertama kalinya sejak 81 tahun terakhir di Kebun Raya Bogor. Bunga langka ini tumbuh di luar habitat aslinya (eks situ) pada Senin (1 Juni) malam...benar-benar indah...mau tahu lagi apa macam-macam raflesia...


Bunga Rafflesia patma yang mekar di Kebun Raya Bogor ini merupakan hasil pengembangan dan penelitian sejak tahun 2004 dengan mengambil inang berupa tumbuhan Tetrastigma (jenis anggur-angguran) dari kawasan Pangandaran, Jawa Barat.



Rafflesia patma yang mekar di Kebun Raya Bogor (foto Kompas)
Tumbuh dan mekarnya Rafflesia patma ini merupakan pertama kali di dunia bunga Rafflesia terdokumentasi tumbuh di luar habitat aslinya (eks situ). Meskipun pada tahun 1929 Kebun Raya Bogor dipercaya telah mampu membiakkan tiga spesies Rafflesia namun tidak terdokumentasikan secara ilmiah sehingga kalangan ilmiah tidak mengakuinya.

Mekarnya Rafflesia patma ini juga menjadi penanda kemenangan Indonesia atas Malaysia dalam penelitian Rafflesia. Mengingat hingga saat ini Malaysia hanya mampu membudidayakan Rafflesia di habitat aslinya (in situ) dan Indonesia telah mampu membudidayakan di luar habitat aslinya (eks situ).

Mengenal Rafflesia patma. Rafflesia patma merupakan satu diantara 15 jenis (spesies) Rafflesia yang terdapat di Indonesia. Rafflesia patma mempunyai ukuran bunga berdiameter antara 25-30 cm. Bunganya mempunyai lima kelopak berwarna jingga muda agak pucat (salem). Yang membedakan dengan jenis Rafflesia lainnya, warna bunganya yang cenderung lebih pucat. Ciri khas lainnya adalah adanya duri-duri yang terdapat pada
diktus.

Rafflesia patma pertama kali ditemukan pada tahun 1825 di pulau Nusakambangan, Jawa Tengah ini seperti jenis-jenis Rafflesia lainnya tidak dapat tumbuh sendiri. Rafflesia patma tumbuh pada akar dan batang inang Tetrastigma lanceolarium dan Tetrastigma papillosum.


Rafflesia patma di habitat aslinya (foto parasiticplants)
Habitat yang sesuai untuk Rafflesia patma merupakan daerah antara tipe lautan pantai dengan tipe hutan hujan tropika dataran rendah (ekoton). Beberapa tempat yang menjadi habitat bunga ini antara lain pulau Nusakambangan (Jawa Tengah) dan Cagar Alam Leuweung Sancang (Jawa Barat).

Macam Jenis Rafflesia di Indonesia. Ada sekitar 30-an spesies Rafflesia. Dan Indonesia memiliki jumlah spesies terbanyak sejumlah 15 spesies disusul oleh Malaysia yang mempunyai 7 spesies. 15 Spesies Rafflesia yang terdapat di Indonesia antara lain:

Rafflesia arnoldi (R. Brown)
Rafflesia hasseltii (Suringar)
Rafflesia Patma (Blumenon Meijer)
Rafflesia rochussenii (Teijsm and Binn)
Rafflesia zollingertana (Koorders)
Rafflesia priceii
Rafflesia godulensis
Rafflesia atjehensis (Koorders)
Rafflesia ciliata
Rafflesia borneersis
Rafflesia witkampi
Rafflesia micropylora (Meijer)
Rafflesia bengkuluwensis
Rafflessia meijeri (Wiriadinata and Rismita Sari)
Rafflesia Lawangensis
Ingin juga melihat secara langsung Rafflesia patma ini di Kebun Raya Bogor, tetapi demi kegiatan penelitian, sepertinya lokasi tumbuhnya Rafflesia patma ini masih ditutup untuk publik.

Klasifikasi Ilmiah. Kerajaan: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Malpighiales; Famili: Rafflesiaceae; Genus: Rafflesia; Spesies: Rafflesia patma
Nama Binomial Rafflesia patma (Blume, 1825). Nama Indonesia: Rafflesia Patma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar