Laman

Jumat, 14 Januari 2011

Mengapa Orang Makan Lebih Banyak Saat Stres?

img
Seringkali orang makan lebih banyak saat mengalami stres. Apa penyebabnya?

Seperti yang dikutip dari Geniusbeauty, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang sering menganggap makanan sebagai penghasil rasa nyaman tercepat dan termurah. Demikian yang dijelaskan oleh psikolog dari penelitian yang diprakarsai oleh Chef & Brewer.

Sepertiga dari pekerja biasanya mulai mengunyah sesuatu jika mereka merasa telah mencapai tingkat stres pada titik tertentu. Hal tersebut dilakukan mereka untuk mengurangi tingkat stres dan mendapatkan kenyamanan. Selain itu, makanan ringan membantu mereka melewati hari yang panjang dan melelahkan.

Dalam 80 persen kasus yang dialami oleh para pekerja, mereka sering mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat dan makanan manis. Sebanyak 33 persen pekerja juga mengaku bahwa mereka mendapatkan rasa nyaman saat makan dalam kondisi dingin dan makan lebih banyak saat cuaca dingin.

Sedangkan 25 persen dari 3000 orang yang ikut penelitian ini mengatakan bahwa makanan dapat membantu mereka menenangkan diri dari perselisihan dengan partner kerja dan pasangan mereka. Selain itu, 19 persen orang merasa bahwa makanan juga membawa kenyamanan bagi mereka yang tidak mampu mengenakan pakaian favorit karena berat badannya telah bertambah.

Menariknya, saat orang mengalami stres, mereka rata-rata berpikir mengenai makanan 40 menit tiap harinya. "Tidak ada yang salah dengan hal ini," ujar Chef & Brewer, karena mencari hiburan dalam makanan adalah sifat intrinsik manusia.
Sumber : http://www.wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar